Rabu, 03 Agustus 2011

Resep Jitu Puasa Sehat Ala Menkes

VIVAnews - Mulai 1 Agustus 2011, mayoritas umat Islam menjalankan ibadah puasa bulan Ramadan. Menahan nafsu, lapar, dan haus, kaum muslim harus tetap menjalani rutinitas dan pekerjaan sehari-hari.

Bagaimana caranya agar ibadah lancar tapi pekerjaan tak terganggu? Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih memberikan tips.

"Saran saya, kita menjalani aktivitas seperti biasa, jangan tidur, karena kalau kita bergerak -- bahkan boleh melakukan olahraga ringan, karena dengan begitu gula darahnya akan dibongkar dan naik serta beredar," katanya kepada VIVAnews.com, di RS Carolus, Salemba, Jakarta, Senin 1 Agustus 2011.

Endang mengatakan, di saat sahur dan berbuka, diharapkan umat muslim dapat menjalaninya dengan teratur. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga sesuai porsi yang dibutuhkan. "Kalau buka puasa dan sahur itu jangan makan berlebihan. Jangan terlalu banyak makanan yang manis-manis. Berbuka memang pakai yang manis tapi jangan banyak-banyak nanti malah jadi tidak sehat," tambah Bu Menkes.

Untuk menjaga badan agar tetap fit, dan kuat menjalani ibadah puasa satu bulan penuh, Endang juga menyarankan untuk menghindari makanan-makanan berlemak. Baginya, kuncinya adalah keseimbangan.

"Jangan terlalu banyak makan lemak, seimbang antara sayur, buah dengan daging dan karbohidrat. Tapi jangan kebanyakan semuanya harus seimbang," ujarnya.

Lantas, adakah makanan khusus yang dia sarankan untuk dikonsumsi? "Kurma aja sama seperti yang dipesankan Nabi (Muhammad Saw)," jelasnya, tersenyum. (sj)
• VIVAnews

Sumber : http://nasional.vivanews.com/

0 komentar:

Posting Komentar