Senin, 10 Mei 2010

Profil 2009


Tujuan pembangunan kesehatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah adalah mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan nasional yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat , kemauan masyarakat dan kemampuan masyarakat untuk ber Prillaku Hidup Bersih Sehat ( PHBS ).

Puskesmas merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas ( UPTD ) Kesehatan yang bertanggung jawab terhadap pembangunan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan atau kelurahan/Desa yang berperan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap penduduk agar supaya memperoleh derajat kesehatan yang optimal.

Upaya kesehatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas meliputi diharapkan dapat memberikan daya terhadap keberhasilan pembangunan kesehatan melalui Indexs Pembangunan Manusia ( IPM ). Termasuk dalam upaya kesehatan wajib adalah Promosi Kesehatan, Kesehatan Ibu Anak dan KB, Kesehatan Lingkungan, Perbaikan Gizi, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular. Sedangkan upaya kesehatan pengembangan adalah Upaya kesehatan yang ditetapkan sesuai dengan permasalahan kesehatan yang disesuaikan dengan permasalahan masing-masing wilayah kerjanya. Apabila puskesmas belum mampu menyelenggaarakan tetapi merupakan kebutuhan masyarakat maka Dinas Kesehatan yang wajib menyelenggarakannya.

Manjemen Puskesmas adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanaakan secara sistimatik, efektif, episien dan berkelanjutan yang terdiri dari Perencanaan ( P.1), Pelaksanaan ( P2 ) dan Pengendalian ( P3 ).

Perencanaan di Puskesmas disusun berdasarkan permasalah yang ada diwilayah kerjanya untuk kebutuhan satu tahun anggaran, Untuk terlaksananya pernecanaan di Puskesmas akan berhasil jika didukung dengan sistem pencatatan dan pelaporan dengan benar serta berkesinambungan .

Kegiatan Pencatatan, Pelaporan Puskesmas merupakan salah satu penunjang bagi terlaksananya Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS), melalui penerapan teknologi informasi yang efektif dan efisien. Data-data yang selama ini ada di Puskesmas belum sepenuhnya diolah, dianalisis dan disajikan terutama dalam pemanfaatannya secara tepat guna dalam penyusunan rencana program kesehatan.

Profil Puskesmas sebagai salah satu keluaran dari SIMPUS dapat dijadikan sebagai salah satu sumber informasi dari perkembangan pembangunan kesehatan yang terus disempurnakan dari waktu ke waktu.

Pengumpulan dan analisa data pada penyajian Profil Puskesmas Sukatani Tahun 2009 ini berdasar pada kebutuhan evaluasi pelaksanaan dan strategi untuk menunjang pencapaian visi dan misi Puskesmas Sukatani dalam mendukung tercapainya Kabupaten Bekasi Sehat 2010.

Data/informasi yang digunakan dalam penyusunan Profil Puskesmas Sukatani Tahun 2009 ini merupakan hasil kegiatan program kesehatan yang dilakukan selama tahun 2009 yang bersumber dari SP3, pencatatan pelaporan program, Statistik, Kantor Kecamatan, Kantor Desa, dan instansi lain yang terkait. Dan sebagai indikator keberhasilan pelayanan digunakan nilai dalam Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Adapun Visi dan Misi Puskesmas Sukatani adalah :

Visi :
“ Puskesmas Terdepan Diwilayah Utara Kabupaten Bekasi Tahun 2009 Dengan Kekhususan Unggul Dalam Puskesmas DTP dan Poned ”


Misi : 
  1. Meningkatkan pemeliharaan, perbaikan dan pengadaan sarana prasarana baik peralatan maupun bangunan fisik secara pro aktif.
  2. Meningkatkan SDM kesehatan yang berkalitas dan berkompeten.
  3. Meningkatkan mutu pelayanan meliputi Rajal, Ranap dan Poned serta kinerja pos Yandu yang profesional. 
  4. Memperbaiki sistim pencatatan pelaporan Puskesmas secara terpadu dan berkesinambungan.

0 komentar:

Posting Komentar